Uncategorized

Cara Doa Agar Pesat Dikabulkan, Pahami Etikanya dalam Islam

Doa menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan spiritual banyak orang, di mana beberapa merasa doa mereka cepat terkabul, sementara yang lain mengalami kekecewaan karena doa mereka tampaknya belum dikabulkan. Doa yakni bentuk komunikasi dengan Allah SWT untu mencari pertolongan dan pengarahan.

Namun, kadang kala dikala doa tampaknya tak lantas dikabulkan, banyak yang mencari metode untuk meningkatkan keefektifan doa mereka, mencari metode agar doa mereka cepat dikabulkan.

Sebagian orang merasa frustasi dikala doa mereka tak lantas terkabul, terlebih dikala mereka merasa telah berusaha dengan sungguh-sungguh. Namun, berdasarkan ajaran agama, ada berbagai faktor yang dapat memberi pengaruh keberhasilan sebuah doa. Dari konsumsi atau pengaplikasian barang haram yang dilarang dalam Islam, hingga tindakan zalim terhadap orang lain, semuanya dapat menjadi penyebab doa tak dikabulkan.

Untuk meningkatkan kans doa judi bola online agar cepat dikabulkan, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Salah satunya yakni dengan menentukan bahwa doa dialamatkan hanya terhadap Allah SWT dengan tulus, tanpa menyertakan tujuan-tujuan duniawi yang tak bai, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam seputar metode doa agar cepat dikabulkan merangkum dari buku La Tahzan for Traveler! karya H.M. Amrin Ra’uf, Jumat (22/3/2024).

  1. Cuma Dimaksudkan terhadap Allah SWT

Pertama, doa wajib dialamatkan secara eksklusif terhadap Allah SWT, layak dengan ajaran Islam bahwa hanya Allah SWT yang kapabel mengabulkan doa. Cara doa agar cepat dikabulkan ini layak dengan firman Allah dalam surat Fathir ayat 13-14 yang menyatakan bahwa tak ada Dzat kecuali Allah yang kapabel mengabulkan doa manusia.

“…Dan, orang-orang yang kau mengasyikan (sembah) kecuali Allah, tiada memiliki apa-apa walaupun setipis kulit ari. Jikalau kau menyeru mereka, mereka tiada mendengar seruanmu; dan sekiranya mereka mendengar, mereka tak dapat memperkenankan permintaanmu. Dan, di hari akhir zaman mereka akan mengingkari kemusyrikanmu, dan tak ada yang dapat memberi keterangan kepadamu sebagai yang diberikan oleh Yang Maha Mengenal.\\” (QS. Fathir: 13-14)

  1. Doa Mesti Dada karena Allah SWT
    Kedua, metode doa agar cepat dikabulkan wajib dikerjakan dengan tulus karena Allah SWT. Dada dalam berdoa menampilkan pengabdian dan kepatuhan terhadap Allah. Allah menyenangi hamba-Nya yang tulus dalam berdoa. Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam surat Al-A’raf ayat 29 yang menyatakan bahwa umat Islam wajib berdoa dengan mengikhlaskan ketaatan terhadap Allah SWT.

Luruskanlah muka (diri)mu di setiap sembahyang dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu terhadap-Nya, sebagaimana Ia telah menciptakan kau pada awal (demikian pulalah kau akan kembali terhadap-Nya).” (QS. Al-A’raf: 29)

  1. Diawali dan Diakhiri dengan Pujian terhadap Allah SWT
    Ketiga, doa wajib dimulai dan diakhiri dengan kebanggaan terhadap Allah SWT serta shalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Dalam Islam, metode doa agar cepat dikabulkan disarankan untuk mengawali dengan puji-kebanggaan terhadap Allah dan menutupnya dengan shalawat untuk Nabi Muhammad SAW.

Hal ini sejalan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi yang menyatakan pentingnya mengawali doa dengan puji-kebanggaan terhadap Allah dan shalawat untuk Nabi Muhammad SAW.

Dari Fadhalah bin \\’Ubaid Ra berkata, \\”Sebetulnya Rasulullah SAW mendengar seseorang berdoa sewaktu sholat, di mana dia tak mengagungkan nama Allah dan tak shalawat untuk Nabi Muhammad Saw.\\’ Lalu, beliau bersabda, \\’Orang ini sungguh-sungguh terburu-buru.\\’ Rasulullah lalu memanggilnya dan bersabda kepadanya atau juga terhadap yang lain, \\”Jikalau salah seorang di antara kau sekaligus sholat, hendaknya dia mengawalinya dengan memuji dan menyanjung Tuhannya Yang Maha Suci, kemudian shalawat untuk Nabi Muhammad Saw. Setelah itu, berdoalah sekehendaknya.\\” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

  1. Merendahkan Bunyi dikala Berdoa
    Keempat, dikala berdoa, umat Islam sebaiknya merendahkan suara agar doanya lebih didengar oleh Allah SWT. Cara doa agar cepat dikabulkan ini layak dengan ajaran Islam bahwa Allah yakni Dzat yang Maha Mendengar, dan doa yang disajikan dengan suara yang rendah menampilkan rasa tawadhu\\’ dan penghambaan yang lebih dalam terhadap-Nya.

Berdoalah terhadap Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sebetulnya Allah tak menyenangi orang-orang yang melampaui batas.(QS. Al-A’raaf: 55

Anda mungkin juga suka...