Uncategorized

Cuaca Madinah Capai 40 Derajat, Jemaah Haji Jangan Jalan Tanpa Alas Kaki

Jemaah haji Indonesia sudah mulai tiba di Madinah, Arab Saudi. Para jemaah bahkan dipinta harus senantiasa mengaplikasikan alas kaki di tengah teriknya cuaca di kawasan hal yang demikian. Apalagi suhu di Madinah menempuh 40 derajat dan saat siang pelataran mesjid Nabawi sangat panas.

“Seandainya jemaah berjalan tanpa alas kaki spaceman di pelataran yang panas, sangat berisiko kakinya melepuh,” ujar Kasi Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH, dr. Leksmana Arry Chandra, di Madinah, Pekan (12/5/2024)

Menurutnya, kadang ada kejadian jemaah lupa letak sandalnya saat di Masjid Nabawi. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya jemaah membawa plastik. Sandal yang diaplikasikan, dimasukkan ke plastik dan dibawa saat masuk ke Masjid Nabawi.

“Bawa plastik untuk tempat menyimpan sandal,” kata dr. Leks, panggilan akrabnya seperti dikutip dari Kemenag.go.id.

Dia mengatakan, Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH), terus berjaga dan berkeliling di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Mereka juga berkeliling ke sektor hotel jemaah.

Tujuannya, melakukan upaya pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat, pemulihan, dan rehabilitasi.

“Contohnya, menyiapkan sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan jemaah haji, seperti tempat duduk roda dan sandal buat jemaah yang memerlukan. PKP3JH siap bantu jemaah,” kata ia.

Tim PKP3JH beranggotakan gabungan kekuatan medis. Mereka bertugas di lapangan, bagus seksus (sektor khusus) Makkah maupun seksus Madinah. Meraka dapat dimintai bantuan dan konsultasi pengobatan, serta perawatan, termasuk juga menuntaskan kaki melepuh.

“Cuaca diperkirakan akan kian panas jelang puncak haji, dapat menempuh 48-50 derajat celsius,” ujarnya.

Jemaah Haji Dipinta Banyak Minum Air Putih

“Jemaah diimbau menghindari cuaca panas, banyak minum air putih supaya tidak terjadi heatstroke atau serangan panas” terangnya.

Bagi jemaah yang mempunyai gangguan kesehatan berkaitan pernapasan, dr Leks mengimbau untuk mempersiapkan obat-obatan yang lazim dikonsumsi. Seandainya kondisinya memerlukan penanganan medis, seketika konsultasikan ke petugas kesehatan kloter.

Jemaah Calon Haji Indonesia Kloter Pertama Tiba di Madinah, Ada 393 Orang
Jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah pada Pekan (12/5/2024) pukul 08.00 Waktu Arab Saudi.

Kloter pertama ini terdiri dari 393 orang, dengan jemaah kelompok lanjut umur (lansia) ada sebanyak 79 orang dan mengaplikasikan tempat duduk roda 13 orang.

Kedatangan para jemaah calon haji disambut Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Konsul Haji Nasrullah Jasam, dan Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Abdillah.

Abdul Aziz dan para pejabat lain menyambut jemaah calon haji Indonesia dan memberikan sekuntum bunga untuk setiap peserta.

Para petugas haji bahkan menyambut dengan sigap membantu jemaah. Ada yang menuntut jemaah hingga bus, memayungi, hingga mendorong tempat duduk roda.

Memberitakannya Antara, Pekan (12/5/2024), tidak lama setelah tiba di airport, bus kemudian bergerak menuju hotel masing-masing di Madinah.

Anda mungkin juga suka...