Uncategorized

Kurangi Stres, Angkasa Pura II Berkeinginan Pangkas Waktu Check-In di Airport Sultan Mahmud Badaruddin II

PT Angkasa Pura II tengah meramu sejumlah taktik guna meningkatkan kenyamanan penumpang di bandara. Salah satunya ada di Airport Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan.

Executive General Manager Airport SMB II Palembang, Iwan Winava Mahdar mengucapkan upaya yang akan dikerjakannya merupakan memangkas waktu tunggu dalam proses check-in penumpang. Upaya ini bakal jadi konsentrasi pengelola bandara di 2024 ini.

Pastinya kita coba untuk tidak ada antrian lama di check-in counter. Kita tahu memang secara peraturan paling lama itu 3-7 menit. Ktia mahjong slot coba untuk temuan, kerja sama dengan sahabat-sahabat dari ground handling ataupun maskapai, kita bikin SLA (Service Tingkatan Agreement) bagimana antrian ini tidak terlalu lama,\\” kata Iwan saat ditemui di Airport Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan, dikutip Sabtu (23/3/2024).

Ramuannya, memberikan kemungkinan petugas bandara membantu check-in penumpang saat antrian terlihat mulai mengular. Harapannya, waktu tunggu penumpang dapat semakin singkat.

\\”Contohnya, saat ada antrian lebih dr 15, dapat gak sahabat-sahabat dari maskapai itu lakukan proses check-in itu seperti jalan tol sekarang, ia mengisi, ada petugas khusus yang menjalankan check in di sini, mobile, di samping-sampingnya memang telah ada, tapi jtia tambah lagi untuk jemput bola. Itu bagian dari yang telah kami pikirkan untuk gimana ya supaya gak ada antrian cukup panjang,\\” bebernya.

Iwan mengucapkan alasannya. Menurutnya, tingkat stres penumpang dipengaruhi dari waktu tunggu antrian saat check-in. Artinya, ini akan berdampak juga pada tingkat kenyamanannya di bandara.

Saat sang penumpang merasa nyaman, Iwan membidik ada dorongan untuk lebih merasakan bermacam fasilitas bandar. Termasuk pada rasio pengeluaran di kios-kios yang ada di ruang tunggu.

\\”Jadi sungguh-sungguh penting buat kami supaya ia menghabiskan waktu cukup lama di boarding lounge domestik, supaya spending rate-nya itu ia naik, belanja ia itu naik. Sebab ia gak buru-buru lagi. Sebab tingkat stresnya orang itu kan disini,\\” urainya.

Jadi Airport Ternyaman Versi ACI

Airport Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dinobatkan jadi bandara ternyaman bagi calon penumpang pesawat se-Asia. Ini atas hasil penilaian dari Airports Council International (ACI).

Ada sederet langkah yang dilaksanakan oleh Angkasa Pura II selaku pengelola bandara di Palembang, Sumatera Selatan tersebut. Salah satunya merupakan alur penumpang semenjak masuk pintu pertama, sampai proses boarding menjelang penerbangan.

Executive General Manager Airport SMB II Palembang, Iwan Winava Mahdar menjelaskan, atas hasil penilaian ACI, penumpang nyaman dengan perombakan alur geraknya di bandara.

Mungkin salah satunya sesudah aku mencoba untuk merubah flow, itu kan kita rubah flow-nya,\\” kata Iwan ditemui di Airport SMB II, Palembang, Sumatera Selatan, dikutip Sabtu (23/3/2024).

Dia mengisahkan, sekarang hanya ada satu jalanan bagi penumpang. Alhasil pengalamannya berjalan di bandara dapat merasakan sederet fasilitas secara optimal.

Dapat 4 Penghargaan

Contohnya, dengan menutup jalan masuk persimpangan yang sering membikin linglung calon penumpang. Ditambah lagi, ada upaya menempatkan sejumlah produk UMKM di sudut-sudut yang dilewati. Iwan menilai, hal ini jadi pengalaman tambahan yang menarik untuk penumpang.

Di sisi lain, ia juga mencoba menambahkan kesan kedaerahan Sumatera Selatan. Salah satunya menempatkan kain tenun khas di skylight yang menerangi kawasan pemeriksaan.

\\”Kita coba tadi, skylight yang mengganggu kenyamanan, AC jadi lebih panas kita tutup dengan kain-kain khas Sumsel. Sehingga mungkin itu menarik buat penumpang yang seperti itu masuk ia experience banget ini nih,\\” bebernya.

Adapun 4 penghargaan yang dinobatkan oleh ACI diantaranya World Directoe General\\’s Roll od Excellence, Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia, Easiest Airport Journey in Asia-Pasific, sampai Most Enjoyable Airporr in Asia-Pasific. Penobatan ini diumumkan pada 10 Maret 2024 lalu.

Anda mungkin juga suka...