Uncategorized

Pencuri DiKota Dumai Gondol Komponen Kapal Di Negara Hongkong Sangat Bernilai Ratusan Juta

Direktorat Polisi Air dan Udara Polda Riau membekuk komplotan pencurian sparepart kapal asing di Kota Dumai. Sebanyak 3 pelaku tertangkap, masih ada sejumlah buronan, dan petugas menyita barang bukti bernilai Rp600 juta.

Direktur Polisi Air dan Udara Polda Riau Komisaris Besar Wahyu Prihatmaka menerangkan, pelaku pencurian yang tertangkap merupakan situs slot777 Edi Nias, Bibit, dan Kiki. Tersangka Edi tertangkap ketika membawa barang bukti untuk dikirimkan ke Sumatra Utara.

“Yang masih dikejar merupakan Iwan, Sangat dan Sri, mereka komplotan pencurian sparepart kapal asing,” kata Wahyu. Jumat siang, 7 Juni 2024.

Wahyu menerangkan, para tersangka dan komplotan pencuri sparepart kapal beraksi akhir Mei lalu. Mereka berangkat memakai speedboat lalu masuk ke kawasan pelabuhan mencari kapal target.

“Lazimnya dini hari, ketika itu mereka melihat kapal berbendera Hongkong,” jelas Wahyu.

Para pelaku merapat ke kapal asing itu lalu satu per satu naik memakai galah. Pelaku menuju ke ruangan mesin untuk mengambil sparepart kapal sehingga mereka sukses menggondol beberapa bagian mesin.

“Satu pelaku menunggu di speedboat memantau keadaan,” kata Wahyu.

Dipasarkan ke Sumut
Usai beraksi, para pelaku memasukkan sparepart ke karung goni. Karung berisi bagian mesin kapal bernilai ratusan juta itu dibawa ke rumah Edi Nias untuk dijual.

“Sebagian sesudah beraksi, pelaku menemukan calon pembeli di Medan, pembeli ini masuk daftar pencarian orang dengan dugaan penadah,” jelas Wahyu.

Pihak kapal akibatnya melapor ke Satuan Polisi Air Polres Kota Dumai. Penyelidikan dilakukan bersama Direktorat Polisi Air hingga petugas menemukan seorang pria membawa 3 karung goni berisi sparepart mesin kapal.

“Tersangka Edi Nias tertangkap lebih dahulu, kemudian tertangkap 2 lagi, sisanya masih diburu,” kata Wahyu.

Anda mungkin juga suka...