Tren Ekonomi RI 'Agak Laen'
Berita Ekonomi

Sri Mulyani Sebut Tren Ekonomi RI ‘Agak Laen’ dari Negara Lain di 2024

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengutarakan tren kondisi perekonomian Indonesia terhadap 2024 yang ‘agak laen’ dibandingkan negara lain, Serta kami akan membahas tentang permainan dari situs https://wisatabatulayang.com/ dan slot deposit qris.

Melalui unggahan di account Instagram resminya, Sri Mulyani awalnya merangkum kinerja perekonomian Indonesia dan APBN KiTA yang masih memperlihatkan tren positif.

Pasalnya, hingga Januari 2024 pendapatan negara sudah terkumpul Rp215,5 triliun atau 7,7 prosen target, belanja negara Rp184,2 triliun atau 5,5 prosen pagu, dan APBN masih surplus Rp31,3 triliun atau 0,14 prosen product domestik bruto (PDB).

Selain kinerja APBN, ia lantas merangkum tren kinerja positif perekonomian Indonesia berasal dari 2023 yang tetap berlanjut hingga awal 2024.

“Per Januari 2024, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) terjaga di 125; Mandiri Spending Index (MSI) 40,0; Indeks Penjualan Riil (IPR) 3,7 prosen yoy; dan PMI Manufaktur Indonesia konsisten ekspansi selama 29 bulan berturut-turut,” tulis Sri Mulyani¬†melalui unggahan¬†pekan lalu.

Sri Mulyani memperlihatkan tren itu berbanding terbalik kalau dibandingkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia yang masih dibayangi pelemahan.

“@the_imf memproyeksikan sebesar 3,1 persen, waktu @worldbank memprediksi cuma 2,4 persen,”katanya.

Sri Mulyani beri tambahan meski kondisi ekonomi Indonesia relatif baik dibandingkan group negara G20 maupun ASEAN, kondisi world yang masih rentan dan penuh risiko masih tetap perlu diwaspadai.

“Terutama bersama dengan kondisi inflasi yang menjadi mengalami penurunan tetapi belum disertai bersama dengan penurunan tingkat suku bunga, dan tren pelemahan tingkat keinginan world yang memengaruhi ekspor dan juga penurunan harga komoditas,” jelasnya.

Menurutnya, kinerja APBN yang tetap positif dapat menjadi modal baik bagi penduduk untuk menekuni 2024.

“Untuk itu, APBN #UangKita juga dapat tetap dijaga kesehatannya dan kredibilitasnya, serta dikelola bersama dengan penuh kehati-hatian sehingga tetap sanggup merawat penduduk dan perekonomian Indonesia berasal dari bermacam guncangan,” pungkasnya.

Anda mungkin juga suka...