danau toba
Berita Investasi

Wisata Danau Toba Siap Disuntik Investasi Rp 600 Miliar dari Swasta

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut Toba Caldera Resort yang dikelola Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) akan memperoleh dua tambahan pemodal pada 2024.

Tidak tanggung-tanggung, poin investasi dari calon pemodal hal yang demikian menempuh Rp 600 Miliar. Dua calon pemodal hal yang demikian yaitu TOCA Resort dan Mitra Jaya.

Dari kerja sama itu, disepakati pada Lebaran 2024, TOCA Resort akan mulai membangun fasilitas tambahan berupa akomodasi sebanyak 20 unit.

Padahal, Mitra Jaya pada akhir semester pertama atau pada Juni 2024 akhir, juga akan membangun fasilitas akomodasi ramah lingkungan untuk mengantisipasi jumlah kunjungan pelancong yang terus bertambah. Keduanya akan membangun akomodasi yang bertemakan pariwisata hijau.

“Salah satu yang dapat menarik pemodal untuk berinvestasi yaitu pariwisata hijau. Sebab, pariwisata hijau ketika ini banyak sekali permintaannya. Bukan lagi variasi pembangunan-pembangunan yang masif dari segi struktur. Namun, menyatu dengan alam,” ujar Sandiaga ketika berjumpa dengan para calon pemodal di Caldera Toba Nomadic Escape.

Baca juga:

Ratusan Investor Asing Minat ke IKN, Kok Realisasi Masih Nol?

Langkah Jokowi Buka Lebar Investasi Percepat Pertumbuhan Ekonomi RI

Menparekraf Sandiaga menambahkan, tahun ini kunjungan pelancong ke Toba Caldera Resort telah menempuh angka 300 ribu. Pihaknya optimistis, angka ini akan terus meningkat, sebab fasilitas akan terus ditambah, terutamanya soal 3A, adalah Aksesibilitas, Amenitas, dan Atraksi.

“Sebab pemerintah terus membangun jalan, pelabuhan, dan airport. Ini Udara Sibisa juga kita bangun, sejenak lagi selesai. Jalan tol juga akan hingga Parapat. Suatu ketika, ini seluruh akan terhubung, konektivitasnya dipastikan berkelas internasional, berkelas dunia,” imbuh Sandiaga.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan, menerangkan hingga ketika ini sempurna poin investasi di Toba Caldera Resort yang telah digodok menempuh Rp 2 triliun, bagus yang telah berjalan ataupun yang sedang berproses.

Angka itu termasuk yang baru disepakati, adalah dari TOCA Resort hampir Rp100 miliar dan Mitra Jaya hampir Rp500 miliar.

“Jika ditotal seluruh investasi yang didapatkan menempuh Rp2 triliun,” pungkasnya

Anda mungkin juga suka...